Jumat, 15 Februari 2008

Sambiloto, Tanaman Liar Sejuta Manfaat



Saya jadi bertanya-tanya sendiri mengapa tiba-tiba terlintas ide di kepala untuk menulis tentang tanaman yang wujud aslinya saja saya belum pernah lihat. Apakah mungkin ini panggilan jiwa saya sebagai seorang DJ ya? Apa hubungannya coba? Ada dumz kan DJ singkatan dari Dol Jamu bukan Disc Jockey apalagi Horse Jockey ^_^

Yap sambiloto, jika pertama kali mendengar namanya, pasti pikiran kita nggak bakal jauh-jauh dari tanaman obat-obatan (istilahnya zaman sd yaitu apotek hidup pas pelajaran KPDL, inget ga?) atau jamu-jamuan. Atau bahkan mungkin ada yang bertanya-tanya dan belum pernah mendengar sama sekali nama tanaman ini.

Saya baru tahu ada tanaman bernama sambiloto saja baru-baru ini waktu liburan semesteran di Semarang. Ayah, ibu, dan pembantu saya hobi minum segelas cairan berwarna hitam yang disinyalir sebagai air rebusan daun sambiloto. Tadinya saya tidak peduli karena keluarga saya sudah sering mencoba minum jamu-jamu begituan. Dulu pernah ayah saya tiap hari minum temulawak, minum sari buah merah, rebusan daun sereh, rebusan daun jarak, teh bunga rosella, dll. Asal saya tidak dipaksa buat minum tidaklah masalah karena pada dasarnya saya tidak terlalu suka minum jamu karena rasanya pahit, mending makan chiki =). Paling pol saya cuma doyan jamu beras kencur soalnya rasanya manis dan kunyit asam karena jamu bulanan, hohoho...

Tapi ketika melihat sebuah tayangan di televisi ternyata sambiloto telah menjadi semacam tren jamu-jamuan, haiah, yang kata penyiarnya di TV punya banyak manfaat. Saya pun jadi penasaran apakah benar air hitam yang selama ini ditawarkan ayah pada saya dengan iming-iming bisa cepet langsing (tapi saya gag percaya) dan kata pembantu saya bisa bikin muka mulus, huh ada-ada saja (ini saya agak pengen percaya) benar-benar punya khasiat yang dahsyat atau hanya rumor belaka. Mari kita simak sedikit temuan berikut.

Katanya…

Sambiloto (Andrographis paniculata) membantu imunitas tubuh melalui peningkatan daya fagositosis leukosit. Itu diperoleh berkat kerja sama 4 jenis senyawa lakton utama, yaitu deoksiandrografolida, andrografolida, neoandrografolida, dan didehidroandrografolida (gag ngerti, sumpah, ini kata Trubus, tolong dijelaskan bagi yang tahu). Daun Andrographis paniculata juga disinyalir mengandung saponin, (lavonoida dan tannin)----->ini saya juga gag ngerti ^_^

Khasiat bakal terasa setelah rutin meminum rebusan 5 gram daun kering sambiloto dalam 2 gelas air. Jika menggunakan daun segar dosisinya 30 lembar daun dan direbus dalam 2 gelas air. Sambiloto ada di sekitar kita dan mudah didapat. Dengan rutin mengkonsumsi herba ini berarti memperkokoh pertahanan tubuh. Herba ini juga berkasiat sebagai obat demam, untuk obat demam dipakai ± 5 gram herba segar Andrographis paniculata, diseduh dengan 1 gelas air matang panas, setelah dingin disaring. Hasil saringan diminum sehari dua kali sama banyak pagi dan sore.


Penyakit Yang Dapat Diobati :
Hepatitis, infeksi saluran empedu, disentri basiler, tifoid, diare, Influenza, radang amandel (tonsilitis), abses paru, malaria, Radang paru (pneumonia), radang saluran napas (bronkhitis), Radang ginjal akut (pielonefritis), radang telinga tengah (OMA), Radang usus buntu, sakit gigi, demam, kencing nanah (gonore), Kencing manis (diabetes melitus), TB paru, skrofuloderma, Batuk rejan (pertusis), sesak napas (asma), leptospirosis, Darah tinggi (hipertensi), kusta (morbus hansen=lepra), Keracunan jamur, singkong, tempe bongkrek, makanan laut, Kanker:penyakit trofoblas, kehamilan anggur (mola hidatidosa), Trofoblas ganas (tumor trofoblas), tumor paru, masuk angin.

>>>>banyak istilah yang tidak saya mengerti ^_^''


Waktu saya bertanya pada ibu saya apa sih sebenarnya tujuan ibu saya minum rebusan daun sambiloto. Ibu saya bilang buat ngilangin pegel-pegel. Halah. Apakah fenomena ini benar? Silakan buktikan sendiri. Kalo saya mending minum susu daripada minum jamu yang katanya rasanya pait...

16 komentar:

Andri Journal mengatakan...

Km serius maw jualan jamu to let?Trus,bisnis tambang minyakmu piye??Hakhak... ^O^
Maw jualan jamu kuq malah gak doyan jamu ki piye....Kalo aku,paling suka jamu kunir+temulawak dicampur madu.Khasiate bisa ngurangi nyeri perut dan nambah berat badan..Coba ae let...biar tambah ndut km.. ;P
Tanya,ulet yg sukanya maem daun sambiloto mestinya gak pernah sakit noh.Bukan begitu let? ;P

aan mengatakan...

kl penyakit cabul dan srg ee saia bs disembuhkan ga kk?

aan mengatakan...

oia,
emg mpe sejuta y kk manpaatnya?
kuk stau saia cuma tujuh ratus lima puluh enam belas ya kk?
duh,kk ndut gbs ngitung

Cesty mengatakan...

haiah...

kalo obat buta pnyakit kayak kebo apaan ya, ketz?sambiloto mempan rak?

Keket mengatakan...

>> mas andri

serius dunk,,
kan uda dapet lisensi jadi dj,,,
syahahaha,,,

tapi tambang minyakqu tetep yang utama lah,,,
yang perusahaan jamu uda tak suruh ngelola ma asistenku,,,,
mbak jamu gendong langganan dari kecil,,,,

wala pak,,,
ternyata kamu bisa pms juga, yak???
(shock)

Q uda ndut uq,,,hikz :'(
sekarang lagi progam pengurusan,,,
tapi malah ga pernah olahraga,,,,
hehehehe,,,

itu ulet temenku yang suka maem sambiloto,,tapi dia malah menderita penyakit pahitsitis,,,
cuma doyan yang pait-pait,,,
gitchu,,,,
hohoho,,,

Keket mengatakan...

>>aan

penyakit cabul dan srg ee anda mungkin bisa disembuhkan,,,
tapi butuh kesabaran dan ketelatenan tingkat tinggi,,
di antaranya adalah dengan mengkonsumsi daun sambiloto di setiap makanan dan minuman yang anda makan,,,

dan jangan pernah terlewatkan satu kali pun!!!!
ingat!!

emang matematika saya gag dapet 100 sih pas uas,,jd wajar,,,

asal anda tahu saja ya, bahwasanya saya ndut tapi seksi,,,
huh,,,

sejak kapan saya jadi lebih tua dari anda???

Keket mengatakan...

wah kalo itu mah saya juga lgi nyari obatnya, mbak,,,

saya juga susah ngilangin kebiasaan ngebo saya,,,

apalagi kasur saya teramat sangat keramat sekali,,,

aih...aih...
^_^'

aan mengatakan...

itu termasuk kl makan indomi rebus telur di angkringan code ga?
oia maap kk,emg ndut tp sexi versi galon aqua

Keket mengatakan...

trmasuk indomi goreng 2 jm d angkringan code,,
sertakan sambiloto sbg lalapan,,

galon bratnya g ad 20 kilo tauk,,
q ttp seksi pokoknya,,TITIK

aan mengatakan...

wew,,
brti lebih gede drpd galon dnk kk?
trus ap?
ywd drum minyak aja d

Andri Journal mengatakan...

Ini blog apa chat to?
@.@

Keket mengatakan...

hamboh :|

aan mengatakan...

gpp bang,
biar dari luar commentnya kliatan banyak xp

Keket mengatakan...

ben ketok payu blog e
wakakakakakakak ^_^ v

adit mengatakan...

nyari daun sambiloto kalo dijakarta dimana ya? tau ga? humm buat bokap sakit stroke nih hehe thanks ya

fajar komariyah mengatakan...

wah daun sambiroto banyak d tmpt saya cz daerah pengunungan ew,hehe tp krang dah jarang,,,emg top dwech pokok'a lok minum jamu sambiroto.